Berbagi Trip | Pulau Siladen


Siladen adalah salah satu pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken-Manado, di Provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini seluas 31,25 hektar, namun menyimpan banyak keindahan.
Nama Siladen memiliki arti kandas. Konon kisah sejarah Siladen berasal dari cerita tentang sebuah kapal yang dipergunakan orang Sangier saat sedang berlayar. Kemudian kapal mengalami kecelakaan di tengah laut dan tenggelam. Lokasi tenggelam kapal lalu diberi nama Siladen.
Bagi anda yang mengidamkan suasana pantai yang tenang dengan pemandangan alam cantik, di Pulau Siladenlah tempatnya. Bayangkan saja pulau ini seluruhnya dikelilingi pantai berpasir putih, dengan aneka tumbuhan tropis seperti palem, sagu, serta kelapa.

Memang untuk mencapai ke pulau cantik ini tidak mudah, karena itulah kealamian pulau ini masih terjaga. Pulau Siladen berada di sebelah timur Pulau Bunaken, sekitar 12 km dari pusat Kota Manado.
Anda bisa mengunjungi Pulau Siladen melalui perjalanan laut menggunakan kapal motor selama 45 menit. Tiba di Pulau ini, Anda dapat langsung bersentuhan dengan pantai pasir putih, air yang sangat jernih, merasakan segarnya hembusan angin laut, suara kicauan burung, hingga menyelami keindahan bawah laut Siladen.
Alam bawah laut Pulau Siladen sangat menakjubkan, dengan aneka terumbu karang dan beragam biota laut. Ada dua lokasi menyelam paling potensial yaitu Siladen dan Siladen Utara, dengan kedalaman sekitar 20-50 meter.
Ombak di Pulau Siladen tidak terlalu besar, oleh karena itu bila berkunjung, sempatkanlah untuk berenang dan snorkeling. Anda juga bisa menyaksikan terumbu karang dari atas kapal dengan naik perahu berkaca atau katamaran. Jika ada beruntung, anda akan bertemu sekawanan lumba-lumba yg sedang menari indah dibawah laut.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: