gunung yang mengalami kebakaran

gunung yang mengalami kebakaran di Tahun 2015 ini:

Gunung Merapi
Gunung Merapi adalah gunung api teraktif di Indonesia. Gunung Merapi dikategorikan dalam gunung berapi tipe strato atau masih aktif. Tercatat dalam catatan modern bahwa gunung Merapi mengalami erupsi atau letusan setiap 2-5 tahun sekali. Tahun 2010 adalah pembuktian betapa ganasnya erupsi gunung Merapi di sepuluh tahun terakhir ini. Gunung Merapi tercatat sudah meletus sebanyak 68 kali sejak tahun 1548.


gunung merapi kebakaran

Gunung Ciremai
Gunung Ciremai atau Ceremai adalah salah satu gunung yang memiliki ketinggian di atas 3000 mdpl (meter di atas permukaan laut) yang terletak di 3 kabupaten yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Gunung api ini memiliki ketinggian 3.078 mdpl. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

gunung ciremai kebakaran

Gunung Lawu
Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di daerah Tawangmangu dan Cemorosewu. Gunung Lawu adalah gunung api yang mati atau istirahat. Tercatat gunung ini pernah meletus pada tahun 1885. Gunung Lawu banyak diminati oleh para pendaki karena pemandangan yang eksotis dan juga banyak memiliki spot-spot bagus seperti sumber air, kawah, sabana, bukit, kabut, dan satu yang paling menarik yakni adanya rumah warga alias pemukiman warga di puncaknya. Dan pemukiman tersebut diklaim sebagai pemukiman tertinggi di Jawa.

kebakaran gunung lawu

Gunung Semeru
Gunung Semeru adalah gunung api tertinggi di pulau Jawa dan tertinggi nomor tiga di Indonesia setelah gunung Kerinci (1), dan gunung Rinjani (2). Puncak tertinggi gunung Semeru yakni bernama Mahameru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan memiliki sebuah kawah yang masih mengepulkan asap bernama Kawah Jonggring Saloko.

Gunung Semeru terletak di Malang dan sebagian Lumajang. Gunung ini juga masuk dalam kelompok pegunungan Tengger dan satu komplek dengan gunung Bromo. Pegunungan Tengger merupakan pegunungan yang sangat besar yang di dalamnya berdiri banyak gunung-gunung kecil dan yang paling besar gunung Semeru itulah.


gunung semeru terbakar

Gunung Argopuro
Gunung Argopuro atau disebut juga “Argopura” adalah gunung api yang terletak di Jawa Timur tepatnya di perbatasan kabupaten Probolinggo, Situbondo dan Bondowoso. Argopuro memiliki arti “Argo=Gunung” dan “Puro=pura” sama dengan “Pura di atas gunung. Gunung ini sudah tidak aktif lagi. Gunung Argopuro memiliki ketinggian 3.088 mdpl.
Gunung Argopuro masuk dalam kawaasan Pegunungan Iyang di Jawa Timur. Secara geografis gunung Argopuro berdiri di antara kedua gunung yang memiliki peringkat khusus di Indonesia yakni Gunung Semeru (puncak tertinggi di Jawa) dan Gunung Raung (trek tersulit). Jika Semeru dan Raung ber-peringkat maka Argopuro juga demikian adanya, Gunung Argopuro berperingkat sebagai gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Jawa.

gunugn argopuro terbakar

Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan adalah gunung api istirahat yang terletak di Kabupaten Mojokerto (Barat) dan Kabupaten Pasuruan (Timur). Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1.653 mdpl. Gunung ini adalah gunung kecil yang terletak tidak jauh dari Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.
Berdasarkan studi selama dua tahun (2012-2014) ditemukan 116 situs percandian atau objek kepurbakalaan, mulai dari kaki sampai mendekati puncak gunung Penanggungan.

gunung penanggungan

Gunung Welirang
Gunung Welirang adalah gunung api yang terletak di kabupaten Malang dan kabupaten Mojokerto. Gunung ini termasuk dalam golongan gunung api yang masih aktif. Di puncak gunung Welirang terdapat kawah yang masih aktif mengeluarkan asap belerang.
Gunung Welirang memiliki saudara kembar yakni Gunung Arjuno. Orang biasa menyebut kedua gunung ini dengan Gunung Arjuno-Welirang. Kedua pucuk gunung tersebut saling berhimpit dipisahkan oleh Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II.

gunung welirang

Gunung Slamet
Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa setelah gunung Semeru. Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Gunung Slamet adalah gunung api yang masih aktif. Gunung ini juga dikatakan sebagai gunung yang membelah pulau Jawa karena berdiri di 5 kabupaten yakni Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Aktivitas terakhir gunung Slamet adalah pada bulan Maret 2014 dan hingga awal 2015 gunung ini masih berstatus waspada.

gunung slamet

Gunung Arjuno
Gunung Arjuno atau “Arjuna” adalah gunung api yang terletak di Malang, Jawa Timur. Gunung ini adalah gunung yang memiliki kembaran bernama Gunung Welirang. Karena puncak gunung Arjuno yang berdekatan dengan puncak gunung Welirang maka orang banyak menyebut dua gunung kembar tersebut sebagai Gunung Arjuno-Welirang.

gunung-arjuno-malang

Yang berpotensi terbakar:

Gunung Merbabu
Gunung Sindoro

Yang mengalami aktivitas vulkanik/sedikit meletus:
Anakan Gunung Rinjani

*info pendakian, jalan-jalan , wisata, travel

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

2 komentar:

  1. banyak orang yang ngakunya pecinta alam, malah merusak alam itu sendiri. meskipun itu bukan faktor utama terjadinya kebakaran. mampir di warung kita juga ya sablon gelas plastik di bogor

    BalasHapus
  2. Iya mungkin, karena kurangnya Ilmu dan ketelitian menjadi penyebab nya.

    BalasHapus